Rabu, 31 Maret 2010

POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

SISTEM SEDERHANA
SKALA 1/4
Bagi anda yang ingin belajar untuk menjahit baju sendiri dan tidak punya waktu untuk mengikuti kursus menjahit, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggambar pola dasar pakaian wanita sistem sederhana yang dapat anda gunakan. Untuk para pemula dalam bidang jahit menjahit sistem membuat pola dasar sederhana ini akan memudahkan anda dalam mempelajari langkah demi langkah pembuatannya.
Gambar dibawah ini menggunakan ukuran badan saya, sementara jika ukuran badan anda lebih besar atau lebih kecil dari ini maka anda tinggal menyesuaikan sesuai ukuran badan anda.
 UKURAN: 
  1. Lingkar Leher = 36 cm
  2. Lingkar Badan = 88 cm
  3. Lingkar pinggang = 60 cm
  4. Panjang Muka = 30 cm
  5. Lebar Muka = 31 cm
  6. Tinggi Dada = 14 cm
  7. Panjang Sisi = 17 cm
  8. Panjang Bahu = 12 cm
  9. Lebar Punggung = 33 cm
  10. Panjang Punggung = 36 cm
  11. Jarak Dada = 17 cm






















KETERANGAN POLA BADAN MUKA:
 A – B = 1/6 Lingkar leher + 2 cm
B – C = Panjang Muka
C – D = A – E = ¼ Lingkar badan + 1cm
A – A1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm
A1 – A2 = Panjang bahu
A2 – A3 = turun 4 cm
B – B1 = 5 cm
B1 – B2 = ½ Lebar muka
C – C1 = ¼ Lingkar pinggang + 1 + 3 cm
C – C2 =1/10 Lingkar pinggang + 1 cm
C2 – CC3 = 3 cm
C1 – C4 = naik 1,5 cm
C4 – K = Panjang sisi
C – M = Tinggi dada
M – O = ½ Jarak dada



KETERANGAN POLA BADAN BELAKANG:
 A – B = 1,5 – 2 cm
B – C = Panjang punggung
C – D = A – E = ¼ Lingkar badan – 1 cm 
A – A 1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm
A1 – A2 = Panjang bahu
A2 – A3 = Turun 3 cm
B – B1 = 10 cm
B1 – B2 = ½ Lebar punggung
C – C1 = ¼ Lingkar pinggang – 1cm+3cm
C – C2 =1/10 Lingkar pinggang
C2 – C3 = 3 cm
C1 – K =Panjang sisi

TIPS BAGI YANG MALAS MEMBUAT POLA :
Dan jika dengan sistem sederhana anda masih juga males untuk membuat pola dasar baju sendiri, maka berikut trik yang bisa gunakan :
  • Carilah baju anda yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih pas dibadan, mungkin baju ini tidak anda pakai lagi karena terkena noda atau warnanya yang sudah pudar
  • Ambil silet dan bukalah jahitannya, tapi jangan semuanya melainkan hanya separuh saja, ya separuh bagian muka dan separuh bagian belakang, satu lengan dan kerah. Sedangkan separuh bagian yang lain biarkan masih terjahit seperti aslinya, gunanya adalah untuk referensi kita pada saat kita menjahit pakian yang baru. Jika kita mengalami kebingungan bagian-bagian mana yang harus kita jahit serta bagaimana cara menjahit sakunya atau lengannya, tinggal kita lihat deh.
  • Seterika potongan potongan kain yang sudah terlepas jahitannya tadi sampai bagian bekas jahitan rata dan rapi.
  • Tempelkan potongan kain yang sudah diseterika rapi diatas kertas koran dan gambarlah koran tadi mengikuti pinggir potongan kain dengan spidol. Nah Jadi deh pola baju yang sudah siap untuk kita gunakan.

 SELAMAT MENCOBA, SEMOGA SUKSES DAN JANGAN CEPAT MENYERAH !






Artikel terkait:
Pola Dasar Lengan (4)
Pola Dasar Rok 
Cara Menjahit Lengan dengan Rapi
Cara Menjahit Saku Vest
Bisnis Sampinganku Yang Hasilnya Melebihi Gajiku Sebagai PNS
Cantik alami dengan air mineral






40 komentar:

proborini mengatakan...

mbak..makasih ya untuk pola dasarnya..
tapi kok ga ada pola untuk lengannya....?

ANA ARISANTI mengatakan...

ditunggu aja ya... nanti pasti tak upload

Anonim mengatakan...

tenkyu bgt polanya...
pola lengannya cepetan diupload juga dong...biar bajunya gak buntung terus..hehe

ANA ARISANTI mengatakan...

pola lengannya lihat dah ada kok, lihat tulisanku di kategori menjahit judulnya pola dasar lengan

Anonim mengatakan...

Terikasih atas artikel nya ..
Sangat membantu sekali bagi saya yang baru belajar menjahit...

zAin mengatakan...

ma'af mbk,di bag pola depan ,,cara ngambil ukuran A B nya gimana?

ANA ARISANTI mengatakan...

buat zain : cara mengambil ukuran lingkar leher silahkan baca tulisan saya tentang cara mengambil ukuran pola baju wanita dewasa di http://anaarisanti.blogspot.com/2010/05/cara-mengambil-ukuran-pola-baju-wanita.html
sedangkan untuk belajar menggambarnya disini kita memakai contoh ukuran lingkar leher yaitu 36 cm jadi panjang garis A ke B adalah 36/6 + 2 = 8 cm

Graha mengatakan...

blog ini tips nya bagus banget
kunjungi juga http://manikmurah.wordpress.com/
http://sepatukulitmurah.wordpress.com/

thitu mengatakan...

mba'...
bleh minta di upload kan cara membuat pola celana kerja wanita???
makasih y mba' sebelumnya....

BioZaf mengatakan...

terimakasih ya mbak atas postingannya, semuanya sangat berguna buat aku yang lagi belajar menjahit nih...

ANA ARISANTI mengatakan...

@ Tithu : ntar ya kalo aku ada waktu pasti tak upload

Anonim mengatakan...

saya mau nanya,kalau bikin pola celana ada yg di sebut PESAK, itu apa ??

ANA ARISANTI mengatakan...

Lingkar pesak, diukur dari batas pinggang belakang, melalui selangkangan menuju garis pinggang bagian muka. Lihat tulisan saya http://anaarisanti.blogspot.com/2011/04/pola-dasar-celana-wanita.html

Anonim mengatakan...

pagi mbak..blog ini menarik sekalii..mbak mau tanya yg di pola itu kan C - M itu tinggi dada ya? M-O 1/2 jarak dada..
cara ukur jarak dada sama klo antara C ke M itu kan ada garis patah2,,itu jaraknya dri M brp?klo yang C2 C3 itu untuk bikin sekengan kan y mbak?setinggi apa?makasiiiihh..

ANA ARISANTI mengatakan...

tinggi dada diukur dari garis pinggang ke puncak payudara, sedangkan jarak dada diukur dari puncak payudara kanan ke puncak payudara kiri, Kupnat/ sekengan sampai setinggi garis punggung dikurangi 2 cm kebawah mbak

Anonim mengatakan...

klo garis punggung ngukurny gmn ?makasii mbakkk

ANA ARISANTI mengatakan...

Maksud saya 2 cm kebawah dai garis K di pola bagian belakang, atau bisa juga dibuat tepat di garis K tanpa diturunkan 2 cm

Anonim mengatakan...

mba, gimana ya caranya membuat pola untuk wanita gemuk. setiap saya membuat baju untuk ibu saya , pasti lengannya muntir :(
terimakasih mb sebelumnya

Anonim mengatakan...

mbak cara ngukur panjang sisinya gimana ?klo grs c4-k diganti c1-k boleh gak mbak? terima kasih

Anonim mengatakan...

mbak cara ngukur panjang sisinya gmna? klo garis c4-k diganti c1-k bleh gak?yerima kasih

ANA ARISANTI mengatakan...

Pola dasar ini adalah pola badan sampai ke pinggang sedangkan jikaingin membuat gaun atau bju yang panjangnya sampai kepinggul kita haus menempelkan pola dar rok dibawahnya. Nah pjang sisi dari K ke C4 itu untuk memudahkan saat harus menempelkan pola dasar rok dibawahnya

Anonim mengatakan...

mau tanya nih mbak,,, saya baru belajar menjahit. tapi tersendat karena saya gak begitu paham dengan penggunaan mesin jahit. saya memakai mesin jahit standard model lama. beberapa hari yg lalu mesin jahit ini bermasalah, yaitu jahitannya tidak saling mengait dan benang sering kusut dibagian bawah. lalu saya bawa ke tempat servis,alhamdulillah waktu dites disana udah bagus. tapi sewaktu saya bawa kerumah, setelah saya mengganti benang disekoci,,koq jahitannya kacau ya..jarak titik jahitan terlalu rapat dan kecil seperti titik-titik,,kira2 apa masalahnya ya mbak? saya baru mulai belajar, saya sering kesulitan mengatur kecepatan dinamo dikaki..untuk pemasangan benang atas dan sekoci sepertinya sudah sesuai aturannya...mohon pencerahannya ya mbak

ANA ARISANTI mengatakan...

untuk jark jahitan ada tobol pengatur jarak jahitan yang biasanya terletak di badan mesin bagian blakang di dekat roda, silahkan dinaikkan atau diturunkan sesuai jarak jahitan yang diinginkan (biasanya diturunkan untuk mendapatkan jarak jahitan yang lebih lebar)

katrining warsono mengatakan...

Mbak, menentukan metode pola dasar itu berdasarkan bentuk tubuh atau model pakaian yah? kalau bikin baju biasanya mbak pakai metode yang mana?
kalo di Indo metode yang paling sering dipakai metode apa mbak? aku baca buku pola dasar, di sana ada 8 metode... banyak banget... tks mbak

Anonim mengatakan...

mbak nanya nih, soalnya saya msh belajar....gimana cara pengguntingan rok pias 3 ya ? apakah pola depan tetap menggunakan lipatan kain ? makasih mbak atas bantuannya

Anonim mengatakan...

Mbak Ana, saya sudah coba bikin pola dasar. kesulitannya begini mbak:
1. A-E=C-D selalu lebih pendek dari M-K dan B1-B2
2. C-M kan tinggi dari bawah lengan(posisi Ketiak bawah ke bawah) lalu kenapa rumusnya C-M= tinggi dada (tinggi dada kan dari leher ke titik puncak dada)

Mohon bimbingannya mbak....maaf saya pemula banget. terima kasih

nabila mengatakan...

mba kalo bikin dan cara jahit ban pada celana gimana.apalagi yg pake ban karet kayanya ribet banget jahitnya.

kusnadi mengatakan...

kalau sempet posting mba untuk ukuran baju standar pria dan wanita_nya?trimakasih by kusnadi ahmad

tatie supian mengatakan...

mba aku izin copas ya. aku lagi butuh referensi buat belajar nih, makasih ya

nabila mengatakan...

mba kalo cara menjahit pake bahan kaos biar ga melilit sewaktu dijahit kelin gimana?katanya kalau jahit bahan kaos ada mesin khusus ya.saya baru belajar kebetulan bahan yg saya punya banyaknya dari bahan kaos.

Agus mengatakan...

Bak saya mau tanya untuk A2–A3=turun 4cm dan B–B1=5cm ini ukuran baku ya???? berapapun ukuran yang lain untuk dua hal ini ketentuannya tetep 4cm dan 5cm???? makasih

lela maya mengatakan...

mba saya lagi belajar bikin celana piyama buat anak.saya sudah coba ikutin polanya tapi hasilnya bagian pinggangnya yang belakang maju sekitar 1,5 cm dan bagian kakinya mundur (panjang sebelah).biar ukurannya sama gimana mba. saya sudah coba berkali kali tapi sama aja begitu...terus knapa ya mba jarak jahitannya loncat loncat apa karena bahan yang saya gunakan dari kaos? saya juga gagal terus mba pasang lengan baju masih belum paham dengan teori yang mba tulis..saya tunggu jawabannya ya mba biar saya cepet bisa jahit...terimakasih sebelumnya

reza rezatorajautara mengatakan...

Slamat pagi mba,blog ini tipsnya bagus banget , salam kenal, saya baru belajar menjahit. Saya mau tanya bagaimana caranya jahit resleting jepang yang rapi sampai ke bawah. Boleh dong kunjungi jg http://ysajanna@ymail.com, trima kasih sebelumnya

reza rezatorajautara mengatakan...

Slamat pagi mba, salam kenal, tipsnya bagus banget, kunjungi kita http://ysajanna@ymail.com

Dennis Hanani mengatakan...

mbak..ada gk artikel tentang ukuran" umum diindustri baju?
dan artikel tentang cara mengukur tubuh. thx

umi kayla mengatakan...

bagus banget tips nya
terimakasih atas tipsnya ya...

Shifak_gunyu3 mengatakan...

bagus artikel punya mbak. waktu smp saya jga diajari cra bikin pola, tpi saya bru tau klo ada cra lain selain dgn pola tdi. Kapan2 ajarin jga dong cra bikin pola untuk cosplay :D

Kyky Andika mengatakan...

Mbak, pola kalo mau bikin kemben gimana ???

Anonim mengatakan...

hallo mbak, saya mau tanya nih,,
bagaimana ya, caranya membuat kupnad di bagian sisi badan???
tolong jawabannya ya mbk, trims :)

Gamis Baru mengatakan...

terimakasih akak
saya juga lagi belajar membuat pola pola