Selasa, 04 Mei 2010

Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif (bag 2)

Langkah-langkah di dalam penelitian kuantitatif, meliputi: Pertama melakukan identifikasi dan perumusan masalah, kedua melakukan kajian teori dan atau konsep yang berkaitan dengan masalah bersangkutan, ketiga penyusunan kerangka teori atau kerangka konsep, dan perumusan hipotesis penelitian, dan keempat adalah pengujian hipotesis yang merupakan upaya pensahihan (verifikasi).

Langkah pertama hingga ketiga merupakan alur berfikir deduktif, sedangkan langkah keempat adalah alur berfikir induktif. Langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian kuantitatif merujuk pada rentetan penyelesaian masalah menggunakan pendekatan ilmiah (SPSA = scientific problem solving approach).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Merujuk pada gambar tersebut maka terdapat komponen-komponen penting didalam penelitian kuantitatif, meliputi sebagai berikut:






1) Obyek terteliti, yaitu sesuatu (bisa berupa individu, keluarga, organisasi, institusi dan lain sebagainya) dimana permasalahan penelitian melekat padanya. Misal pada topik penelitian: Kenakalan remaja di Pedesaan, maka yang menjadi subyek penelitian adalah remaja

2) Variabel penelitian, yaitu karakteristik dari subyek penelitian yang relevan dengan permasalahan, dimana data akan diukur padanya. Untuk topik tersebut, variabel penelitian antara lain: pendidikan, pekerjaan, kebiasaan, etika, dll.

3) Unit sampel, yaitu satuan yang digunakan sebagai dasar dalam pengambilan sampel. Dalam topik tersebut, unit sampel adalah remaja, bukan rumah tangga dan juga bukan RT (rukun tetangga). Bilamana besar sampel adalah n = 100, maka sampel dalam penelitian tersebut adalah 100 remaja.

4) Unit analisis, yaitu satuan yang akan digunakan sebagai dasar proses perhitungan atau analisis statistika, di dalam program SPSS disebut case.

5) Responden (unit observasi), yaitu seseorang yang dapat memberikan jawaban pada proses pengukuran variabel. Pada topik tersebut respondennya adalah remaja, orang tua, teman, dll.

Secara umum, berdasarkan permasalahannya, terdapat tiga tipe dalam penelitian sosial, yaitu: penelitian eksploratif (Explorative research), penelitian deskriptif (descriptive research), dan penelitian eksplanatori (explanatory research). Penelitian eksploratif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk melakukan eksplorasi (penggalian) informasi (ilmiah). Penelitian diskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan (menggambarkan secara jelas dan terinci) mengenai aspek-aspek yang relevan dari fenomena yang menjadi ketertarikan peneliti. Pada tipe penelitian eksploratif dan deskriptif, secara umum tidak diperlukan rumusan hipotesis, hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pada kedua tipe penelitian tersebut jawaban terhadap permasalahan hanya bisa diperoleh melalui data empiris dari lapangan. Penelitian eksplanatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan (kausalitas) antar variabel; melalui pengujian hipotesis (salah satunya menggunakan statistik inferensial).

Pada penelitian eksplanatif, rumusan masalah secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu permasalahan komparatif dan asosiatif. Khusus yang bersifat asosiatif dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: (a) Simetri, dimana sifat hubungan antar variabel tidak ada yang saling mempengaruhi (nonkausalitas), (b) Asimetri, dimana hubungan antar variabel yang terjadi adalah bersifat yang satu mempengaruhi (independen) lainnya (dependen), dengan demikian bersifat kausalitas satu arah, dan (c) Resiprokal, yaitu hubungan antar variabel yang terjadi bersifat saling mempengaruhi (kusalitas bolak-balik).

Download Metodologi Penelitian  bag 1 s/d 6 gratis klik disini


Lanjutkan ke  : variabel penelitian (bag 3)


ARTIKEL TERKAIT :

  1. Penelitian Ilmiah (bag 1)
  2. Variabel Penelitian (bag 3)
  3. Data Penelitian (bag 4)
  4. Taraf Nyata (α) dan p-value (bag 5)
  5. Data Normal Baku (Standardize) (bag 6)




Mau sambil ngenet dapet DUIT GRATIS???!!! Ikutan PTC aja !!! Klik Banner dibawah ini ya!!!



IndoStarBux



SentraClix



1 komentar:

pipit mengatakan...

mbaaa,,,izin download metode penelitiannya ya..Thank You