Kamis, 13 Mei 2010

Pengukuran Variabel Laten (bagian 1)

Salah satu ciri dari pendekatan kuantitatif (mainstream) adalah data harus bersifat kuantitatif yang diperoleh melalui pengukuran. Penelitian di bidang ekonomi, manajemen, social, dan lain sebagainya sering melibatkan variabel yang tidak dapat diukur secara langsung, disebut variabel konstruks, laten, atau unobservable ; misalnya kepuasan, motivasi dan lain sebagainya. Sehingga pengukuran variabel merupakan bagian yang sangat penting.

Sebelum dilakukan pengukuran variabel, tentunya hal esensial yang harus dilakukan adalah menetapkan variabel-variabel apa saja yang akan diukur. Penentuannya didasarkan pada permasalahan dan hipotesis penelitian serta lingkungan dimana penelitian akan dilakukan. Hal demikian diharapkan dapat mempermudah identifikasi jenis-jenis variabel, yaitu variabel dependen, independen, confounding, dan lain sebagainya.

Langkah penting dan paling awal dari proses pengukuran adalah membuat definisi operasional variabel (DOV). Definisi ini didasarkan pada tujuan penelitian dan teori-teori yang relevan. Landasan teori ini sangat penting, terutama untuk menjamin validitas isi (content validity) dari instrumen yang akan dikembangkan.

Pengukuran variabel penelitian di bidang ekonomi manajemen, social, dan lain sebagainya umumnya dilakukan terhadap responden. Dengan demikian harus dapat diketahui secara pasti siapa respondennya, apa unit sampel (analisis)-nya, dan apa obyek penelitiannya. Misal penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja eksport industri kecil. Di dalam penelitian tersebut, obyeknya adalah industri kecil, unit analisis (sampel)-nya juga industri kecil, akan tetapi respondennya terdiri dari: (1) pemilik (pengukuran terhadap visi dan misi), (2) manajer (pengukuran terhadap operasional dan kinerja perusahaan) dan (3) karyawan (pengukuran terhadap tingkat kepuasan dan motivasi).

Download pengukuran variabel bag 1 s/d 7 gratis KLIK DISINI
Artikel terkait :

  1. Pengukuran Variabel Laten (bag 1) 
  2. Konsep, Variabel dan Dimensi (bag 2) 
  3. Pengukuran Variabel (bag 3)
  4. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen (bag 4)
  5. DATA Variabel Latent (bag 5)
  6. Analisis Faktor (bag 6)









1 komentar:

thriant@jombang mengatakan...

puyeeng...