Senin, 21 November 2011

POLA LENGAN KOP

Untuk membuat pola lengan kop sangatlah mudah, pertama jiplak pola dasar lengan, buat garis vertikal membelah lengan pas ditengah, buat gatis horisontal kira kira sejajar dengan lengkung lingkar lengan, kemudian gunting garis vertikal tadi sampai perpotongan dengan garis horisontal kemudian gunting kekiri dan kekanan sampai kepinggir tapi jangan sampai putus.
Ambil kertas pola, tempelkan pola lengan tadi dengan menaikkan keatas bagian kiri kanan lengan yang telah kita potong tadi sepanjang 5 cm dari titik tengah, buat garis lengkung untuk menyatukan potongan yang telah kita tempel tadi. Nah pola lengan kop sudah siap digunakan. 
Kalo masih belum jelas silahkan lihat gambar dibawah ini !


POLA LENGAN LONCENG DAN POLA LENGAN POF

Pola lengan lonceng dan pola lengan pof sebenarnya sama saja, hanya bedanya terletak pada kerutan dibagian bawah lengan, jika dikerut akan menjadi lengan pof sedangkan jika tidak dikerut akan menjadi lengan lonceng. 
Cara menggambar polanya, jiplak pola dasar lengan, bagilah menjadi 6 bagian sama besar, gunting garis hasil bagi tadi secara vertikal dari bagian bawah lengan menuju bagian atas lengan tapi jangan sampai putus. 
Ambil kertas pola lain, buat garis lurus vertikal, tempel bagian tengah lengan (tempel sedikit ujung bagian atas, lalu tariklah kesamping kiri dan kanan sepanjang 2 cm dan tempel, lanjutkan pada potongan berikutnya beri jarak 4 cm dan tempel.
Setelah tertempel semua bagianya buat garis melengkung dibagian bawah lengan untuk menyatukan semua bagiaanya. Pola lengan lonceng / pola pengan pof siap digunakan. 

Masih belum jelas? Silahkan lihat aja gambar berikut ini!


POLA KERAH SETENGAH TEGAK MENURUT MODEL

Untuk membuat pola kerah setengah tegak menurut model seperti gambar dibawah ini, kita tinggal menyesuaikan saja sesuai model / bentuk kerah yang kita inginkan



Minggu, 20 November 2011

POLA KERAH SELENDANG / KERAH SHAWL

Berikut adalah cara menggambar pola kerah selendang / kerah shawl, semoga bisa membantu teman-teman yang baru belajar menjahit, pokoknya jangan putus asa untuk mencoba... SUKSES YA...!!!




POLA KERAH REVER / KERAH BLUS WANITA

Dalam menggambar pola kerah rever / pola kerah blus wanita dibuat dua bagian, bagian bawahnya digambar menyatu dengan pola badan bagian muka, sedangkan pola bagian atasnya dibuat tersendiri, untuk lebih jelasnya mengenai cara menggambar pola kerah rever silahkan simak gambar dibawah ini




POLA KERAH SHANGHAI


Bagi yang belum tau caranya membuat pola Kerah Shanghai, gak usah kuatir, disini aku mau berbagi cara menggambar pola kerah shanghai seperti yang kalian butuhkan. Cara menggambar polanya sangat mudah, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengukur lingkar leher baju yang akan dibuatkan pola kerahnya setelah ketemu dibagi dua, nah selanjutnya ikuti aja petunjuk dalam gambar dibawah ini, selamat mencoba....semoga sukses ya...!!!!






POLA KERAH KEMEJA

Kerah kemeja termasuk dalam salah satu bentuk kerah tegak, oleh karena itu dalam membuat polanya yang dibutuhkan bukan pola badan depan dan belakan seperti halnya pola kerah rebah, tapi yang dibutuhkan dalam membuat pola kerah kemeja ini adalah ukuran lingkar leher setelah itu buatlah polanya seperti gambar cara membuat pola kerah kemeja seperti berikut ini :


CARA PASANG IKLAN

HARGA :

  1. BANNER 728x90  Rp 100.000 / bulan
  2. SIDEBAR KANAN 250X250 Rp 75.000 / bulan 



CARA PEMASANGAN :

  1. SMS : DAFTAR (spasi) NAMA (spasi) JENIS IKLAN (sidebar atau banner) ke 08563060791
  2. TRANSFER SESUAI HARGA KE REK BCA NO REKENING 1130675511 atas nama ANA ARISANTI SE
  3. Kirim skript iklan ke ana_arisanti@yahoo.com
  4. IKLAN DI PASANG selama 1 bulan
PERATURAN

Materi iklan tidak boleh mengandung unsur SARA, Pornografi, kebohongan, provokasi, serta semua yang berlawanan dengan hukum yang berlaku. Materi iklan sepenuhnya adalah tanggung jawab pemasang iklan, blog ini tidak bertanggung jawab terhadap kritikan atau tuntutan atas materi iklan. Iklan dalam bentuk banner di buat oleh pemasang iklan.

Rabu, 16 November 2011

POLA KERAH SETENGAH TEGAK


Cara menggambar pola setengah tegak hampir sama dengan pola tegak, karena pola setengah tegak ini adalah bagian dari variasi pola tegak. Seperti halnya pola tegak, yang dibutuhkan dalam menggambar pola setengah tegak ini bukalah pola badan depan dan belakang seperti pada cara menggambar pola rebah, tapi yang dibutuhkan hanya ukuran lingkar leher baju yang akan dibuat pola kerahnya. Cara menggambarnya silahkan lihat gambar berikut ini :

POLA KERAH TEGAK





Disain kerah tegak dapat di­lihat pada model dibagian leher, kerah melekat pada leher dan pada garis bahu di mana kerah jatuh, garis balikan kerah dari bela­kang kemuka dan garis bahu merupakan Sudut tumpul. Cara menggambar konstruksi pola kerah tegak tidak memerlukan pola da­sar badan, cukup ukuran lingkar leher, di mana kerah akan dipasang. Lihat konstruksi pada contoh berikut:

POLA KERAH PALERINE



Untuk menggambar pola kerah palerine ini, pertama-tama tempelkan ujung bahu bagian atas pola badan depan dan belakang, sedangkan ujung bahu bagian bawah dibuka / dikasih jarak 1 cm karena lebar kerah ini melewati bahu sehingga dibutuhkan tambahan kelebaran. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :

KERAH SETENGAH REBAH DENGAN LEHER YANG DIBESARKAN

Berikut ini cara menggambar pola krah rebah dengan bentuk leher yang lebar, bingung nih mau ngejelasinnya dari mana, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini aja ya...! 

POLA KERAH SETENGAH REBAH PAS LEHER


  1. Leher di T.M. diturunkan 1 cm, karena leher pola jatuhnya agak kecil, terus digambar seperti kerah rebah 100%. Garnbar pola bagian muka, titik jatuhnya kerah lebih mencondong kerebah.
  2. Untuk jatuhnya kerah lebih mencondong ke tegak, leher baru untuk konstruksi kerah diturunkan 4 a 6 cm menurut tumpukan pola di bahu. Ukur sekali lagi leher kerah, kemudian garnbar bentuk kerah yang diinginkan.

POLA KERAH REBAH

Kerah rebah ialah kerah yang pada gambar model (disain) nampak jatuhnya pada bahu sebagian besar sejajar garis bahu. Kerah rebah ini disebut pula kerah tidur atau kerah pipih atau kerah Peter Pan.
Pola rebah digambar dengan menggunakan pola dasar badan muka dan belakang dan bahu terendah ditumpuk 2 cm, untuk mencegah bergelombangnya tepi kerah pada waktu dijahit, sebab mulurnya tepi kerah yang melengkung selalu terjadi. Ujung kerah dapat bervariasi, bulat, runcing dan Iain-Iain. 
Bila pada model kelihatan kerah sama lebar dari bahu sampai ke tengah muka, pada pola harus digambar se­lalu satu sentimeter lebih besar dari tengah belakang untuk mendapat yang sama lebar seperti model (ini adalah hukum alam, dua garis yang jalannya sama jauh, atau sejajar se­perti rel kereta api, kalau dilihat dari jauh menjadi berdekatan). Kalau pada model lehernya dibesarkan, kerjakan lebih dahulu, baru kemudian gambar kerahnya.