Rabu, 25 Januari 2012

TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA


Hi Ana, salam kenal!
Saya liat profil kamu di http://anaarisanti.blogspot.com.

Kebetulan saya sedang les menjahit pakaian (tingkat dasar) sudah setahun tapi kemajuannya minim banget :(( crying
mungkin karena les nya cuma setiap hari sabtu karena saya kerja. itu pun suka malas karena cape.
saya jg jarang praktek, jadi sampai sekarang baru bisa menjahit 2 model baju & 3 rok.. lupa namanya, cuma ingat model  :D big grin 
kalau disuruh bikin lagi pasti juga sudah lupa caranya.. hahaha kacau deh pokoknya.


kamu sendiri belajar jahit dimana?

kalau sdh bosen n frustasi waktu menjahit, saya suka mikir.."aku emang ga bakat"
apa bener begitu ya?
ada ga sih tips2 supaya semangat waktu menjahit? 


Email diatas adalah salah satu dari sekian banyak email yang intinya kurang lebih sama yaitu nada ketidak telatenan atau mungkin bisa disebut keputusasaan dalam belajar menjahit.


belajar menjahit emang butuh ketekunan, gak ada istilah gak bakat kalo kita memang serius berusaha, kuncinya adalah berlatih dan berlatih, semakin banyak berlatih maka kesalahan yang dibuat akan semakin sedikit dan jahitan kita akan semakin rapi dan halus.

Tips dari aku sih...

Pertama  :  beli aja kain yang murah, kalo di jombang sih aku suka beli kain yang dijual kiloan, harganya murah dan kalo kita pintar milihnya bisa dapet yang bagus, belilah kain tiga atau empat potong sebagai stok, jadi kalo pas kita lagi mood atau gak ada kegiatan bisa  langsung kita jahit.

Kedua : untuk awal belajar menjahit, jahitlah baju santai yang dipakai sehari-hari dirumah dengan model sederhana  untuk keluarga/famili terdekat misal untuk anak, ibu atau untuk suami.

  • Pilih model yang sederhana agar tidak terlalu ribet dan tidak membuat banyak kesalahan yang akan membuat anda yang baru belajar kehilangan semangat bahkan berputus asa dalam melanjutkan belajar menjahit, ntar kalo udah agak mahir barulah meningkatkan kemampuan dengan memilih model yang sedikit lebih sulit. 
  • Sedangkan memilih menjahit pakaian sehari-hari dirumah agar walaupun hasil jahitan anda kurang rapi mereka tiak malu memakainya karena hanya untuk dipakai dirumah saja dan tidak harus bertemu banyak orang
  • Pilih menjahit untuk keluarga / family  adalah agar anda bisa meminta pendapat mereka apa kekurangan yang ada di jahitan anda, nanti kalo mereka semua sudah cocok berarti anda sudah berhasil

Ketiga : jangan lupa untuk belajar dari jahitan orang lain yang sudah profesional, caranya anda jahitkan satu baju ke mereka untuk anda pelajari, teknik jahitannya seperti apa, bagian mana saja yang harus diberi lapisan dst. 

Terakhir : pokoknya harus tetap semangat….semangat…dan semangat !!!! berlatih…berlatih dan terus belatih !  

16 komentar:

JUNAEDI mengatakan...

aku dulu juga pernah menjahit lho An, setidaknya kala teman SLTA celananya kepanjangan, aku yg motong dan menjahitnya. Modalnya cuma NEKAT :) dan sering lihat simbok menjahit kebaya hinga larut waktu aku SD. Perkara jahitannya bagus nomer sekian he he he .........!

Batik Tulis Madura mengatakan...

Iya ketrampilan menjahit butuh ketelaten. Saya sangat salut dengan para penjahit terutama yg trampil menjahit batik dengan sempurna mencocokan setiap detail motifnya shg terlihat simetris

Anonim mengatakan...

mbaaaaaaaa artikel mbaa berguna banget ... makasih ya.... mbaa ksih artikel dress ato contoh pakaian sederhana ma cara jaitnya lengkap... thx...

rochmi suwarno mengatakan...

sukaaaa bgt sama artikel2 mba ana ini,bagus2 bgt dan bermanfaat bgt
sukses ya mba ana....

Toko Tas Putri mengatakan...

Memang untuk menjadi trampil dan ahli itu perlu kesabaran dan ketekunan ya sist.
Keep blogging ya sist tularkan ilmunya kepada yang lain lewat tulisanmu.
Salam kenal Toko Tas Putri

Gank-Zone Blog mengatakan...

mantep saya juga pengen banget bisa mahir menjahitn meskipun baru bisa sedikit

Anonim mengatakan...

Mba kalo kegunaan sekala pada pola buat apa? maklum lagi nyoba belajar jahit. artikelnya sangat membantu sekali buat saya belajar.

Anonim mengatakan...

mba mau nanya kalo fungsinya skala itu buat apa?kalo bikin pola baju memang harus pake pola?caranya gimana.saya lg blajar jaitan lurus sama bikin kelin dl.kalo bikin kelin bahan kaos kok susah ya, trus benang jahitnya kenapa kadang bagus rapi kadang jg kecil saya pakenya dia angka 6.kalo yg pemula baiknya bikin pola bahan apa mba?artikelnya sangat membantu saya belajar jait.ditunggu ya jawabannya biar saya cepet bisa dah ga sabar nih pingin jd penjahit profesional heheheh....amiiin

maria mengatakan...

nice post, makasih udah mo share..:)
ngejahit baju emang kudu teliti,
salam kenal ya..
visit my blog www.craftbymood.com

nice to meet u

Anonim mengatakan...

mins mata sy tmbh tinggi jahit tiap hari smnjak stahun yg lalu dn smpe skrng jahit sepatu

bobby mengatakan...

makasih atas infonya mbak...salam kenal

susu kambing etawa mengatakan...

Thanks Infonya bermanfaat sekali,....

Butik Busana Muslim mengatakan...

Terima kasih sebelumnya sudah mau berbagi artikel di blog, sedikit ilmu tetapi bermanfaat

chicie_ mengatakan...

pengen banget bisa menjahit...

dogon putra mengatakan...

Trimakasih artikelnya bagus.. :)

Dwi Astri mengatakan...

Mantep nie artikelx,q pangen bnget bs jahit tp blom ada wktu buat kursus,baca2 artikel ini bingung juga..mklum blom prnh berhubngan dengn Ɣang namax jahit menjahit..