Kamis, 07 Juli 2011

CARA MENJAHIT RESLETING JEPANG


Oleh karena banyak teman-teman yang bertanya tentang bagaimana cara menjahit resleting jepang, maka disini saya akan menjelaskan langkah-langkah menjahit resleting jepang. Sebenarnya menjahit resleting jepang itu sangat mudah, hanya saja bagi teman-teman yang baru belajar menjahit mungkin mengalami kesulitan karena mereka menjahitnya dengan sepatu mesin yang biasa. Perlu teman-teman ketahui bahwa menjahit resleting jepang itu harus menggunakan sepatu khusus untuk menjahit resleting jepang ini. Untuk mendapatkannya sangat mudah, tinggal beli aja ditoko alat jahit, harganya murah kok, gak sampai Rp 5000. Bentuknya seperti gambar dibawah ini :


LANGKAH-LANGKAH MENJAHIT RESLETING JEPANG
  • Pertama-tama siapkan bahan yang akan dipasangi resleting, ukur sepanjang resleting beri tanda lalu satukan (jahit) bagian bawah releting (bagian dibawah yang telah kita tandai tadi.
  • Jahit pinggir resleting bagian kiri dan kanan


  • Ganti sepatu mesin jahit anda dengan sepatu khusus untuk menjahit resleting jepang

gantilah 
  • Jahit resleting dengan sepatu khusus untuk menjahit resleting jepang dengan cara menjepitkan gigi-gigi resleting ke salah satu lubang yang tersedia di sepatu tersebut caranya jika menjahit belahan resleting sebelah kanan maka masukkanlan ke lubang sebelah kiri dan begitu sebaliknya (lihat gambar dibawah ini)


Belahan sebelah kiri



Belahan sebelah kanan

  • Nah Jadi deh 

Bagian depan


Bagian Belakang

10 komentar:

dwi anggraini mengatakan...

mbak ana ak seorg ibu muda usia 24th.anakku br 1,5th.jd blm bs disambi(istilah jawanya).dl ak dr smk busana.dan udah lumayan pngalaman menjahit apa aja.pgn buka jaitan tp msh ragu.ntar polaku klo dipake enak gak ya,trs tips biar pede jd penjait mksdnya yakin bahwa ntar pada cocok gt gmn ya?makasih ya mbk.smua yg mbk tulis bikin ak tmbh wawasan.soale ak gak kuliah

ANA ARISANTI mengatakan...

Menjahit itu membutuhkan latihan mbak, semakin sering kita berlatih, akan samakin halus/rapi jahitan kita, untuk membuat pola pakaian pakai aja pola sistem dressmaking (lihat di tulisanku pola dasar sistem dress making) dan yang paling penting agar pakaian enak dipake adalah ketepatan dalam mengambil ukuran (lihat juga di tulisnku tentang cara mengambil ukuran pakaian wanita) kalo pengambilan ukurannya benar isya'allah pakaian pasti enak dipakai. Agar mbak lebih Pede dalam membuka usaha jahit kalo malam pas anak sudah tidur, coba mbak menjahit pakaian ibu atau saudara-saudara dulu sebagai pembelajaran, mintalah pendapat mereka apa kekurangan yg ada di jahitan mbak, nanti kalo mereka semua sudah cocok berarti mbak sudah berhasil dan jangan lupa untuk belajar dr jahitan orang lain yang sudah profesional, caranya mbak jahitkan satu baju ke mereka untuk mbak pelajari, teknik jahitannya seperti apa, nagian mana saja yang harus diberi lapisan dst. Ok Semoga berhasi dan Jangan cepat menyenrah ya mbak...

Anonim mengatakan...

mbak saya ingin bertanya, itu jahitnya dari bagian bawah atau bagian atas yah?

ANA ARISANTI mengatakan...

dari bagian bawah resleting mbak (lihat gbr bagian belakang)jadi kalo dibalik dibagian luar pakaian resleting ini tidak terlihat atau terlihat seperti sambungan jahitan biasa

Meilina mengatakan...

waaaah, aku baru tau ad sepatu khusus yaa x3 setengah mati ngerjain resleting jepang hasilna jelek bgt X( itu dijual di toko perlengkapan jahit pasar gt kan ya:) tinggi jarumna udh ga usah diapa2in lg ya? tinggal diselipin gt?

Anonim mengatakan...

Mba ana... Saya punya mesin jahit janome tua :) kebetulan nggak ada sepatu resleting jepangnya. Kemarin sempat beli di pasar, seperti yang mba contohin... Ternyata bukan pasangannya ya... Hehe... Mba, kayak mana ya buat janome? Boleh diemailin nggak contoh gambarnya? Ini alamat email saya, niya.switasari@yahoo.com

waterfall mengatakan...

Mbak ana terima kasih ya sudah sharing bagaimana menjahit ritsleting jepang. tapi saya ingin menanyakan bagaimana cara menjahit ritsleting jepang pada baju yang menggunakan lapisan dalam (vooring). Mohon penjelasannya ya mbak Anna. Terimakasih.

Anonim mengatakan...

terima kasih kebaikan share ilmunya....banyak sekali yang merasakan manfaat informasi ini..

Anonim mengatakan...

terimakasih ilmunya sy selama ini setengah mati menjahit resleting jepang tp hasilnya jelek.

ike mengatakan...

Mbk ana., sy baru belajar menjahit,krn tidak les atw kursus sy sangat terbantu dng tulisan dan info dari mbk ana., tpi yg ♏a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ saya tanyakan., klo kita jahit resleting jepang itu jahit bagian pangkalnya gmn ya mbk., karena sy coba kok slalu mengkang,gak rapi tertutup gtu ya mbk.,?? Terima kasih atas smua jwban dan infonya ya mbk., :)