Selasa, 20 April 2010

BAGAIMANA CARA MENCARI KAWAN DAN MEMBUAT ORANG MENYUKAI ANDA

1. Jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh

Kritik adalah hal yang sia-sia karena menempatkan seseorang dalam posisi defensif dan biasanya membuat orang itu berusaha untuk mempertahankan dirinya. Kritik itu berbahaya karena melukai rasa kebanggan seseorang, melukai perasaan pentingnya dan membangkitkan rasa benci.

2. Berikan penghargaan yang jujur dan tulus

Prinsip paling dalam pada sifat manusia adalah kebutuhan untuk dihargai. Anggaplah setiap orang yang anda jumpai adalah lebih baik dari anda dalam hal tertentu dan dengan cara itu kamu dapat belajar tentang dirinya.

3. Bangkitkan minat pada diri orang lain

Satu-satunya cara untuk mempengaruhi orang lain adalah berbicara tentang apa yang mereka inginkan dan menunjukkan kepada mereka cara untuk memperolehnya.

4. Jadilah sungguh-sungguh berminat terhadap orang lain

Anda bisa mendapatkan kawan lebih banyak dalam waktu dua bulan dengan tertarik pada orang lain dari pada yang bisa anda peroleh dalam waktu dua tahun dengan cara mengusahakan orang lain untuk tertarik pada anda.

“ Individu yang tidak tertarik dengan kawan-kawannyalah yang mempunyai kesulitan terbesar dalam hidup dan memberikan luka terbesar bagi orang lain. Dan dari individu semacam itulah semua kegagalan manusia timbul”

Beri perhatian pada orang lain termasuk hal-hal yang kecil seperti mengingat nama, ucapan selamat pada hari ulang tahun dsb.

5. Tersenyumlah

Tersenyum adalah cara sederhana untuk membuat kesan pertama yang baik. Ekspresi yang terpantul dari wajah seseorang adalh jauh lebih penting daripada pakian yang dikenakannya. Seulas senyuman mempunyai makna “saya suka anda, anda membuat saya bahagia dan saya senang bertemu anda. Jadi sapalah kawan-kawan anda dengan senyuman, masukkan semangat dalam setiap jabat tangan.

6. Nama seseorang bagi orang yang bersangkutan merupakan suara yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun

Rata-rata orang menaruh minat kepada namanya sendiri dari pada nama orang lain di bumi ini digabung menjadi satu. Ingatlah nama itu dan panggillah dengan bersahabat dan anda sudah memberikan pujian dengan sangat efektif.

7. Jadilah pendengar yang baik, dorong orang lain untuk berbicara tentang diri mereka

Perhatian penuh terhadap orang yang sedang berbicara kepada anda itu sangat penting. Tidak ada hal lain yang sangat menyanjung karena yang diinginkan seseorang adalh pendengar yang berminat pada kisahnya sehingga dia bisa memperluas keakuannya. Ingat bahwa orang dengan siapa anda berbicara adalh seratus kali lebih tertarik pada diri mereka sendiri, keinginan-keinginan mereka dan masalah-masalah mereka dibandingkan dengan minat mereka pada anda dan masalah anda.

8. Bicaralah mengenai minat orang lain

Jalan penting menuju hati seseorang adalah berbicara mengenai hal-hal yang paling mereka hargai

9. Buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan tulus

Bicaralah pada orang lain tentang diri mereka dan mereka akan mampu mendengarkan selama berjam-jam

1 komentar:

nor rohim mengatakan...

mantab luar biasa, trimakasih atas pencerahannya