Rabu, 28 April 2010

Gangguan dan Perbaikan Mesin Jahit

Pas kita lagi asik-asik menjahit tiba-tiba benangnya sering putus, dan jalannya mesin terasa berat serta mengeluarkan suara berisik, padahal bajunya dah mau dipakai ke acara pernikahan teman besok pagi. ”Aduh... bagaimana ini?” gak usah bingung pren, disini aku akan berbagi dengan kalian tentang cara mengatasi gangguan pada mesin jahit kita.
Ada berbagai macam jenis gangguan mesin jahit yang sering kita jumpai pada saat kita menjahit. Pertama-tama harus kita cari dulu apa penyebabnya baru kemudian menentukan tindakan apa yang harus kita ambil untuk mengatasi gangguan pada mesin jahit kita tersebut. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi gangguan mesin jahit.


1. Mesin tidak lancar dan berisik.
Penyebab dari gangguan ini terjadi karena kurang minyak pelumas pada mesin jahit, selain itu pelumas yang digunakan tidak bermutu baik. Adanya benang-benang yang lepas menyangkut pada mesin dan juga penumpukan debu dan sisa serat kain pada gigi mesin.

Perbaikan pada gangguan tersebut di mulai dari membersihkan mesin dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal dengan kuas atau sikat. Memberikan minyak pelumas pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik.

2. Benang jahitan atas sering putus.
Penyebab gangguan antara lain benang jahit menyangkut karena menjahit dengan arah yang salah. Memasang jarum tidak tepat pada tempatnya yang menyebabkan jarum cepat tumpul atau bengkok sehingga ketegangan benang menjadi terlalu besar. Benang terlalu kasar atau terlalu halus yang tidak sesuai dengan jenis kain yang digunakan.
Perbaikan pada gangguan tersebut dapat dilakukan dengan cara:
  1. menganti jarum dengan jenis yang baik,
  2. menyesuaikan nomor benang dengan nomor jarum yang akan digunakan,
  3. setel kembali rumah sekoci dan kendurkan tegangan dengan memperhatikan keseimbangan dengan benang jahit bawah,
  4. tarik kain kearah belakang mesin jahit.

3. Benang jahit bawah sering putus
Penyebab gangguan antara lain: benang jahit tidak rapi digulung pada spul/kumparan, tegangan benang pada sekoci (bob bin case) terlalu besar, benang tidak sempurna lewat rumah sekoci, dan banyak debu terdapat pada mekanisme mesin.
Perbaikan pada gangguan tersebut dapat dilakukan dengan cara: 1) bersihkan bagian mekanisme mesin, 2) garis tengah sekoci harus rata secara keseluruhan sehingga benang lewat pada arah yang seharusnya, 3) kurangi ketegangan dan benang dan sesuaikan dengan tegangan benang atas.

4. Benang sering putus.
Gangguan terjadi karena jarum tidak pada tempatnya sehingga sering mengenai hook dan menyebabkan jarum tumpul. Jenis jarum tidak sesuai dengan kain yang digunakan. Setelah selesai menjahit kain ditarik kearah yang salah.
Perbaikan dapat dilakukan dengan cara:
1) Ganti jarum, sesuikan antara benang jahit, jarum dan kain,
2) Pasanglah jarum pada tempat yang tepat,
3) kendurkan tegangan dengan memperhatikan keseimbangan antara benang atas dan benang bawah jahitan.

Penyabab gangguan yang lain: jarum tidak tepat pada tempatnya, jarum tumpul, ukuran benang tidak sesuai dengan jarum yang digunakan, benang atas tidak melewati jalan yang benar.

Perbaikan pada gangguan tersebut dilakukan dengan cara:
1)ganti jarum dengan yang tajam dan pasang pada tempat yang tepat,
2) Sesuaikan bengan dengan nomor jarum,
3) Pasang benang melewati jalur yang seharusnya. 

5. Jerat benang mengerut
Penyebab gangguan antara lain: tegangan benang terlalu kuat, benang tidak melewati jalan yang benar, jarum terlalu besar untuk jenis kain yang digunakan, dan benang bagian bawah tidak digulung dengan rapi.
Perbaikan dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1) kendurkan tegangan dengan memperhatikan keseimbangan dengan benang jahitan bawah,
2) sesuaikan jarum sehingga benang atas melewati jalan yang benar,  
3) sesuaikan nomor jarum dengan bahan yang digunakan.
6. Jerat benang kendur.
Penyebab gangguan antara lain: tegangan benang atas terlalu kendur atau terlalu kencang, pegas pengatur tegangan pada rumah sekoci terlalu besar, dan ukuran jarum tidak sesuai dengan jenis kain.

Perbaikan dapat dilakukan dengan:
1) kendurkan tegangan dengan memperhatikan keseimbangan dengan benang jahitan bawah,
2) sesuaikan tegangan benang atas dengan benang bawah,
3) sesuaikan antara benang jahit, jarum dan kain yang akan digunakan.
7. Jalannya kain tidak lancar.
Penyebab gangguan antara lain: banyaknya serat berkumpul di sekitar gigi penyuap dan tinggi rendahnya gigi penyuap tidak sasuai. Perbaikan dapat dilakukan dengan cara: 1) bersihkan bagian gigi penyuap kemudian beri pelumas kemudian tutup kembali dengan cepat, 2) atur mekanisme dan knop gigi penyuap 

Semoga bermanfaat !!!
Artikel terkait :
Pola dasar pakaian wanita dewasa sistem sederhana
Belajar cara mendesain Busana sendiri (bag 1)
Cara Menjahit Lengan dengan Rapi
Variasi model dasar kebaya modern









18 komentar:

Face The Truth mengatakan...

Trims,mbak..atas problem solving-nya..benar-benar membantu.:D

Anonim mengatakan...

nah kalo saya beli mesin janome LR1225 tanpa punya ilmu menjahit sedikitpun. masukin benang aja bingung waktu awal. sekarang sedang belajar menjahit. punya masalah tolong dibantu, benang di sekoci tdk bisa naik. jadi ga bisa nyangkut dengan benang dri jarum. gimana tuh mbak penyelesaiaiinya. terimakasih.

ANA ARISANTI mengatakan...

ada beberapa masalah yg menyebabkan benang sekoci tidak bisa naik :
pertama, karena benang belum masuk ke salah satu lubang kalo di mesin jahit biasa posisinya di kepala mesin ada kayak pengait melengkung yang kalo mesin dijalankan dia bergerak naik turun. Yang kedua karena posisi jarum yang terlalu keatas atau terlalu kebawah atau posisi hadapnya terbalik sedangkan yang terakhir karena posisi sekoci yang belum menancap sempurna dirumah sekoci. Silahkan di cek aja salah satu dari masalah diatas.

Reza mengatakan...

Gini mbak saya bingung dengan benang atas yg sering putus..
padahal settingnya benang udah ringan.. kalo cuma 2 lapis kain sih gak ada masalah.. tapi kalo sudah 4 lapis pasti putus ??
trims sblumnya..

Anonim mengatakan...

mbak mo nanya ,knp pas menjahit pertamanya bagus,tapi bbrp waktu kemudian benang jahitan jadi kusut,danitu trs berulangkali,gmn solusinya??????

Anonim mengatakan...

mau tanya nih mbak,,, saya baru belajar menjahit. tapi tersendat karena saya gak begitu paham dengan penggunaan mesin jahit. saya memakai mesin jahit standard model lama. beberapa hari yg lalu mesin jahit ini bermasalah, yaitu jahitannya tidak saling mengait dan benang sering kusut dibagian bawah. lalu saya bawa ke tempat servis,alhamdulillah waktu dites disana udah bagus. tapi sewaktu saya bawa kerumah, setelah saya mengganti benang disekoci,,koq jahitannya kacau ya..jarak titik jahitan terlalu rapat dan kecil seperti titik-titik,,kira2 apa masalahnya ya mbak? saya baru mulai belajar, saya sering kesulitan mengatur kecepatan dinamo dikaki..untuk pemasangan benang atas dan sekoci sepertinya sudah sesuai aturannya...mohon pencerahannya ya mbak

Anonim mengatakan...

trimakasih mbak sdh posting ttg menjahit. (iman - malang)

Anonim mengatakan...

trimaksih bnyk atas posting ttg menjahit.

Rohman Al Banna mengatakan...

bagus-bagus artikelnya :) izin share yah :)

Anonim mengatakan...

salam kenal mb,saya sri dari kediri
saya seneng baca blok ini,mb mau nanya jika pengen mermak blus,yg dikecilin lebar bahu & lingkar kerung lengannya juga yaa? terima kasih

kang yok mengatakan...

permisi mbak saya mau nnayak,..nc,seputar maslah menjahit,sy pake msin jahit singer yg model lama alias Gl ( genjot langsung ),setiap kali saya menjahit selalu berisik,dan di samping itu jarum sering patah,benang juga sering putus kalo menjahit kain yg agak tebal sedikit,padahal saya sudah memakei jarum No besar sesuai kainnya,dan lagi mbak kalo sya pake menjahit dengan kecepàtan tinggi pasti macet di bagian sepulnya,dan sudah pasti jarumnya akan putus,trimakasih mbak mohon penjelasan jawabanya.email : kangyok7@gmailcom

kang yok mengatakan...

permisi mbak saya mau nnayak,..nc,seputar maslah menjahit,sy pake msin jahit singer yg model lama alias Gl ( genjot langsung ),setiap kali saya menjahit selalu berisik,dan di samping itu jarum sering patah,benang juga sering putus kalo menjahit kain yg agak tebal sedikit,padahal saya sudah memakei jarum No besar sesuai kainnya,dan lagi mbak kalo sya pake menjahit dengan kecepàtan tinggi pasti macet di bagian sepulnya,dan sudah pasti jarumnya akan putus,trimakasih mbak mohon penjelasan jawabanya.email : kangyok7@gmailcom

Rahayu Candra Dewi mengatakan...

Mbak, gimana cara mengepaskan antara jarum sama benang, benang atas dikaitkan kemana saja... trimakasih sebelumnya... maaf mengganggu....

Magentha Chic mengatakan...

Mba, sy mau nanya nih. Kenapa arah jahitan sy itu mundur yah (kan seharusnya arah jahitan itu maju). Sy menggunakan mesin jahit Janome LR1125. Kira2 kesalahannya dimana yah Mba. Makasih Mba

Magentha Chic mengatakan...

Mba, nanya dong. Koq mesij jahit saya arah jalan jahitannya mundur yah kan seharusnya maju kan. Sy menggunakan mesin jahit Janome LR1125. Kira2 kesalahan sy dmana yah Mba. Makasih Mba.

Mesin Jahit Portable mengatakan...

klo untuk pemula itu belajar pake mesin jahit portable itu membantu nggak mbak ? soalnya klo mau beli yang mahal takut nanti nggak kepake, tapi klo pake mesin jahit portable cuma bisa satu jenis jahitan aja, thanks

missniar mengatakan...

Woaaa mba magenta chic sama bgt kaya aq niih, mesin jahit janome lr 1125 ku juga jalannya mundur. Bingung niih harus diapain

Halra mengatakan...

halo mbak Ana Arisanti , salam kenal ya!!!
mesin saya tersendat sendat tidak lancar nih, dan ada suara agak berisik juga, hehehe,, tadinya bingung cara mengatasinya,
makasih ya mbak Ana Arisanti !1111