Minggu, 26 Juni 2011

BAGAIAMANA CARA MENGHADAPI PERCERAIAN SECARA CERDAS




Bercerai adalah sebuah proses yang menyakitkan. Namun, terus bersikap dan berpikir tenang serta benar sangat penting. Sebab hal itu akan memebuat anda tetap bisa mengontrol keadaan. Bagaimana bisa mengkondisikan hal tersebut?
Mengelola sebuah perceraian adalah sebuah proses. Sangat mungkin bisa bercerai secara cerdas dan melanjutkan hidup dengan lebih baik. Tentunya itu bisa dicapai dengan kerja keras. Bercerai mungkin adalah pengalaman yang paling emosional yang pernah terjadi dan prosesnya bisa menenggelamkan. Namun itu tetap bisa dilalui dengan tenang asal anda tetap fokus, penuh harap dan yakin.

Bagaimana membuat keputusan cerdas bercerai?
Dapatkan informasi mengenai proses cerai. Luangkan waktu untuk mencari pengacara yang pas dan jangan ragu untuk bertanya kepadanya. Anda harus benar-benar paham mengenai penyelesaian konflik negoisasi,  mediasi, hukum keluarga, arbitrase, dan seperangkat masalah hukum yang mungkin timbul saat bercerai. Sebisa-bisanya pandang masalah cerai ini seperti transaksi bisnis. Kasampingkan emosi dan gali informasi. Informasi adalah pengetahuan dan pengetahuan adalah kekuatan.

Tetap waras saat bercerai
Karena banyak orang yang bercerai, mungkin orang-orang meremehkan pedih dan sedihnya pengalaman tersebut. Untuk iitu pahami bahwa anda memang berduka karena perceraian anda dan itu adalah hal normal. Sebab, anda kehilangan hal-hal yang mungkin sebelumnya tak terpikir. Dalam masa-masa sulit tersebut anda harus lebih banyak bersosialisasi baik dengan teman maupun keluarga. Kalau perlu datangi pskiater

Atur Strategi
Strategi paling utama adalah anda harus tidak tergantung pada mantan suami anda. Semakin sedikit sesuatu yang anda inginkan darinya, semakin kecil pula frustasi yang mungkin terjadi.
Sederhana saja. Jika anda tak bisa mengubah pasangan anda saat masih menikah, tentunya anda tak akan bisa mengubahnya sekarang.
Jangan pula bermimpi dia akan merengek-rengek minta maaf kepada anda. Kontrol dan  bikin teratur hidup anda adalah hal yang paling pas.

Melanjutkan hidup
Anda harus memberikan kesempatan kepada diri anda sendiri untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan baru dalam hidup. Jangan tenggelam ke masa lalu. Anda sendirilah yang menciptakan keadaan. Tujuan anda adalah mencapai hidup lebih baik dari pada sebelumnya.

Temukan waktu luang.
Anda harus membiasakan diri bahwa anak-anak anda tak akan bisa 24 jam 7 hari seminggu bersama anda.  Sebab sebagian waktunya bersama mantan anda. Anda tak bisa mengontrol anak anda ketika mereka bersama ayahnya. Lepaskanlah dan anda tak perlu khawatir pada hal-hal yang tak bisa anda kontrol. Manfaatkan waktu luang anda dengan hal-hal yang produktif. Atau anda bisa memakai jins favorit anda atau baju favorit yang membuat anda percaya diri dan habiskan waktu untuk malam yang mempesona. Just go out and have fun!


ARTIKEL TERKAIT :
Cara mengurangi dampak perceraian terhadap anak
Co Parenting, solusi asuh anak pasca cerai