Selasa, 27 September 2011

MACAM-MACAM BENTUK KERAH BAJU


      Kerah adalah  bagian  dari sebuah   pakaian, yaitu bentuk bagian terpisah untuk menyelesaikan garis leher. Bentuk kerah ada bermacam-macam, menurut bentuk dasarnya  ada kerah rebah, kerah setengah berdiri, dan kerah tegak  atau berdiri. Bentuk kerah ada 15.

KETERANGAN GAMBAR KERAH :

  • A - Clerical,  kerah yang  digunting lurus sempit dan berdiri supaya  dapat  berdiri  dengan  baik diberi lapisan pengeras.
  • B - Chinese,  sama  dengan  kerah Clerical,  keduanya merupakan kerah tagak, sering kali disebut dengan nama kerah Sanghai atau kerah Cina.
  • C - Turtle  neck, adalah kerah dengan   bentuk tinggi seperti kerah sweater.
  • D - Peterpan, merupakan kerah rebah berbentuk bulat. dari sejarahnya mula-mula dipakai oleh Peterpan kerah ini sering dipakai untuk model pakaian anak
  • E - Eton, kerah   berdiri yang digunakan pada     jaket pendek: awal mulanya kerah ini dipakai oleh siswa-siswa di  Perguruan  Eton, Inggris.
  • F - Kerah  kemeja,   bentuk  kerah berdiri  yang  biasa digunakan untuk kemeja pria.
  • G - Notched, kerah berdiri yang sempit, biasa digunakan  untuk jas laki-laki.
  • H - Selendang,   kerah  bentuk setali dengan  badan.
  • I - Kerah  kelasi,  kerah  bagian  belakang  bentuknya persegi dan  bagian  depan   membentuk  V Ciri khasnya memakai hiasan tiga ban kecil pada pinggiran kerah
  • J - Lapel. disebut juga kelepak yaitu kerah yang setali dengan  bagian muka atau dada.
  • K - Bib .semacam pas bahu yang agak rendah dengan  kerah rebah  bulat.
  • L - Bertha, seperti kerah cape  lebar menutupi  bahu dibuat dari  bahan renda atau bahan lain.
  • M - Cape, pada  desarnya adalah bagian yang lerpisah dari  pakaian, digunting lingkaran  atau  selengah lingkaran; Cape pendek dijahitkan pada leher gaun disebut  kerah cape.
  • N - Scarf,  kerah yang dibentuk dari kain persegi panjang atau segitiga yang dililitkan pada leher.
  • O - Surplice,  kerah bentuk setali dengan garis penutup melampaui tengah muka.        


1. Bisnis Sampinganku Yang Hasilnya Melebihi Gajiku Sebagai PNS
2. Cantik alami dengan air mineral



11 komentar:

riris mengatakan...

Hai mbak... gak sengaja nemu artikel ini waktu cari macam2 kerah baju. mbak memang tahu seluk-beluk dunia penjahitan kah? hehe... ada hal yang mau aku tanyain. pernah lihat model baju yang untuk potongan lengannya itu jadi satu sama bodi. kalo kayak gitu itu namanya apa ya mbak? jadi antara potongan bodi sama lengan nyambung terus gitu, gak ada sekat jahitan sama sekali. kata ibu ku(yang dulunya penjahit hehe...), itu namanya kerah rahlan?? bener gak yach? makasih. dan semoga mbak bisa bayangin model yang aku maksud lol.

ANA ARISANTI mengatakan...

namanya lengan setali mbak, cara membuat polanya silahkan klik laman menjahit diatas dan klik no 61 cara membuat pola lengan setali

Yuni mengatakan...

Kalo untuk bikin pola desain kerah diatas yang macam2 itu gmn mb?

ANA ARISANTI mengatakan...

yang dah tak posting polanya dah tak kasih link mbak, tinggal klik aja, atau klik laman menjahit diatas.
Pada dasarnya teknik pembuatan pola macam-macan kerah itu terbagi menjadi 3 yaitu pola tegak, pola setengah tegak dan pola rebah. jadi untuk model/bentuknya tinggal digambar sesuai keinginan. pola tegak dan setengah tegak dibuat berdasarkan ukuran lingkar leher sedangkan pola rebah dibuat berdasarkan pola depan dan belakang yang disatukan terus digambar polanya

Anonim mengatakan...

mbak trimakasih atas informasinya,, btw boleh ga ya saya tau buku referensinya soalnya buat skripsi,, trmksih,, :)

Anonim mengatakan...

Mbak saya lihat kebaya sekarang ini,tidak ada jahitannya pada lengan..apakah sama dengan cara pola lengan setali?karena di fit di body dan lengannya..kalau berbeda, bagaimana caranya? Terimakasih..mohon infonya

Diani kurniawati mengatakan...

mb, kalo misal baju yang pake kerah depan seperti sabrinaa tapi bagian depannya itu menggulung, jadi kaya ada tumpukan kain gitu di dada,, namanya kerah apa ya? duh, susah banget definisikannya,, saya linkkan yang menggulungnya tapi maksud saya gulungannya lebih banyak dan hanya bagian depan..
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=539633099395447&set=pb.164456586913102.-2207520000.1351576855&type=3&src=http%3A%2F%2Fsphotos-e.ak.fbcdn.net%2Fhphotos-ak-snc6%2F602654_539633099395447_1469735529_n.jpg&size=640%2C466
terimakasii sebelumnyaa

Anonim mengatakan...

eh tolong dong!cara buat kerah busana sadariah/muslim buat yang laki...plissss lagi butuh banget nih langkah2 nya

Admin mengatakan...

Bagaimana sih cara membuat kerah dari baju sabrina. Maksud saya baju berleher sabrina yang berkerah setengah rebah, kerahnya sabrina setengah rebah ini bagaimana cara membuatnya ? Saya coba buat dengan kain serong yg lurus, hasilnya kerah menjadi berdiri.

baju batik mengatakan...

ntuk krah bolero mohon di jelskan khususnya pada batik | baju batik | kain batik| batik pekalongan |
motif batik
batik | baju batik |model baju batik terimakasih

zaenal fanani mengatakan...

makasih mbak bwat infonya :)