Minggu, 25 September 2011

POLA GAMIS DENGAN KERAH SYAL

Sumber : Buku Pintar Menjahit Untuk Pemula karya Nur Astri Damayanti - Hj. Tati Chusen


Ingin bisa menjahit gamis sendiri tapi gak tau cara bikin polanya? gak usah khawatir disini saya akan menjelaskan cara membuat pola gamis yang bentuknya sederhana (dasar). Jadi jika teman-teman ingin menambahkan variasi/detail hiasan tinggal menambahkan sendiri aja sesuai model yang teman-teman inginkan. Ok, yuk kita langsung aja buat polanya :

1. Pola Dasar Gamis

  1. Siapkan pola dasar bagian depan dan belakang
  2. Turunkan lingkar leher bagian depan 3 Cm
  3. Turunkan lingkar lengan bagian depan dan belakang sebesar 2 cm
  4. Ukur 20 cm dari garis pinggang ke bawah
  5. Buat garis horisontal sepanjang 1/4 lingkar panggul + 1cm untuk pola bagian depan dan 1/4 lingkar panggul - 1cm untuk pola bagian belakang
  6. Ukur dari lagi dari garis pinggang kebawah sampai sepanjang ukuran panjang rok
  7. Buat garis horisontal sepanjang 1/4 lingkar panggul + 1cm + 3 cm untuk pola bagian depan dan 1/4 lingkar panggul - 1cm + 3cm untuk pola bagian belakang
  8. Untuk pola lengan tambahkan lingkar kerung lengan 2 cm depan dan 2 cm belakang
2. Cara meletakkan pola diatas kain
Lihat gambar berikut :


11 komentar:

Anita mengatakan...

waah, ada pola gamis,
makasi mb Ana, ada kain mau di buat gamis ini.. :)

dania mengatakan...

ini dari buku Pintar Menjahit Untuk Pemula karya Nur Astri Damayanti - Hj. Tati Chusen hal 47..... saya kira karya sendiri...eh nggak taunya jiplakan to

ANA ARISANTI mengatakan...

Walaupun sebagian besar artikel dalam blog ini saya tulis sendiri tapi memang tidak semuanya mbak, tapi saya berusaha untuk selalu menuliskan sumbernya disetiap artikel yang saya kutip dari hasil karya orang lain misal dari jawa pos, buku sony poespo dll, kebetulan ini ada yang kelupaan nulis sumbernya... tapi dah diperbaiki kok... makasih ya...
oh ya... untuk pola, saya juga nggak mungkin lah bisa membuat pola sendiri... tentunya itu juga dari buku-buku menjahit yang saya pelajari (sebagian besar dari buku yang saya peroleh dari tempat saya kursus dan buku itu tidak tercantum pengarangnya.
Yang pasti saya nggak punya tujuan jelek kok, saya hanya ingin membantu teman-teman yang baru belajar menjahit.

Anonim mengatakan...

yang jelas buat saya pribadi, dengan kondisi sebagai full time mother dengan 4 dengan adanya blgog mba ana ini sangat membantu saya,,,,jd nggak perlu repot keluar rumah hanya untuk mencari dan membeli buku,,,,lagi pula mba ana sudah mencantumkan nara sumbernya,,,,jadi tidak ada yang salah kan???? ***semangat terusa buat mba ana untuk berbagi ilmunya ya mbaa :)

Anonim mengatakan...

semangat mbak terus mbak, blok nya mbak Ana sngat membantu yg ingin belajar menjahit

Anonim mengatakan...

Mksh mbk berbagi ilmux, smga mkin btambah ilmu n pahalax.. Mau berbagi i2 yg pnting, jauh bda dgn yg plit tgu duit dah dbyar kdang t2p aja jga plit.. Smangka.. Smangat k3.. :)

lyna riyanto mengatakan...

Terima kasih postingnya Mba
Sangat bermanfaat. Semangat terus yaa membuat posting-posting lainnya yg pasti bermanfaat untuk orang lain

^^

ButiKids-Baby mengatakan...

Thanks mba ana
Blogny sngat mmbantu memudahkan sya dlm belajar menjahit
Teruskan posting2 nya ya mba

Herry Makalimbang mengatakan...

Trimakasih mba dh brbagi ilmu

Herry Makalimbang mengatakan...

Trimakasih mba udah berbagi ilmu

Anonim mengatakan...

Maksih mbk, infonya, izin copi ya
Spiriiit ...
Wslm...