Senin, 19 September 2011

Pola Blus dengan kerah ½ rebah





Blus luar dengan kerah ½ rebah, memakai garis princes dari bahu melewati kup dan lengan sesuai pendek. Panjang blus ± 10 cm dari garis panggul. Panjang lengan ± 25 cm dan krah pas pada garis leher dasar. Pakaian ini dapat dipakai untuk  kesempatan resmi seperti ke kantor.



Keterangan :
Pertama-tama pola dasar rok dan pola dasar badan disatukan. Untuk membuat garis princes pada pola depan terlebih dahulu tutup kup sisi dan bentuk garis princes dari pertengahan bahu melewati puncak dada dan kup pinggang dan luruskan dari kup ke bawah. Tambahkan tengah muka 2 cm untuk lidah belahan dan 4 cm untuk lapisan ke bagian dalamnya. Turunkan bagian sisi ketiak 1 cm dan keluarkan 1 cm, bentuk sampai batas panggul. Pada sisi bawah blus dikeluarkan 2 cm untuk melebarkan bagian bawah blus.
Untuk pola belakang sama dengan pola depan yang mana bagian sisi pada ketiak diturunkan 1 cm dan dikeluarkan 1 cm. Bagian pinggang dikeluarkan 1 cm dan bagian sisi bawah blus dikeluarkan 2 cm kemudian hubungkan garis tersebut.

Keterangan :
Untuk membuat pola kerah lihat gambar di atas. Ukuran lingkar leher diperoleh dari ukuran leher depan sampai batas tengah muka ditambah ukuran leher belakang. Buat pola dengan ukuran seperti pada gambar.
Pola lengan dibuat sama dengan cara membuat pola dasar lengan tetapi ukuran lingkar kerung lengan disesuaikan dengan lingkar lengan yang sudah dirobah.


Artikel terkait :

  1. pola dasar pakaian wanita  
  2. Pola Dasar Rok 
  3. Belajar cara mendisain Busana sendiri (1)

Tidak ada komentar: