Kamis, 20 Mei 2010

Cara menjahit kebaya silang tapis lengan lebar















Cara membuat pola 

  • Buatlah pola dasar depan dan belakang hingga 25 cm dibawah pinggul. Buatlah pola depan lengkap bagian belakang kanan kiri
  • Gambarlah model silang tapis pada pola depan. Perpanjang bagian bawah 20 cm dari pinggul, buatlah pola garis agak miring didepan  



















  • Gambarlah leher silang tapis pada pola depan, dan gambar juga kamisonya yang terlihat sedikit pada bagian dalam dada, kemudian pisahkan masing-masing  


















  • Buat lengan lebar sesuai ukuran. Mulai dari siku dibentuk melebar, panjangnya melebihi ujung jari kemudian kutip dan pisahkan


















  • Rancanglah pola kamisol yang sudah dikutip dan yang sidah dipisahkan diatas kainnya.   Karena model kamisol ini bertali, maka panjang talinya sesuai panjang tali depan dan + belakang yang sudah digambar. Panjangnya tidak boleh ditambah atau dikurangi dan tempatnya tidak boleh digeser.



















Rancanglah semua pola diatas kainnya
X-X  lebar kain 55 cm x 2 = 110 cm
X-Z  Panjang kain 155 cm
LL    Lapisan leher
LD    Lapisan Dada
LDB  Lapisan dada bawah




CARA MENJAHIT 
  • Obraslah semua potongan kain yang akan dijahit
  • Jahitlah kupnat depan dan belakang
  • Kampuhlah jahitan bahu depan dengan bahu belakang
  • Sambunglah kain lapisan leher dengan kain lapisan dada menjadi satu
  • Pasanglah kain lapisan dari leher sampai kebawah keliman kiri, jahitan harus pas tidak boleh ada yang lebih panjang atau lebih pendek, kemudian tindas kain lapisan dengan mesin 1 mm dari sambungan
  • Aturlah tiras kain lapisan dengan jelujur, kemudian dijahit dengan tusuk soom dan langsung setrika supaya rapi dan licin
  • Tumpuklah kain dada kanan di bagian atas dan kain dada iri dibagian bawah, letakkan tepat digaris tengah dada supaya bertumpuk, jelujur agar tidak berubah sedikitpun.
  • Buatlah 4 tanda titik tempat rumah kancing yang akan dibuat dan tempat kancing dipasang
  • Buka jelujuran tengah dada. Kampuhlah jahitan sisi badan dan setrika kampuhnya sambil disibakkan hingga terbelah 2
  • Jahitlah keliman bawah dengan tusuk soom
  • Kampuhlah jahutan lengan kanan dan kiri, jahit keliman ujung lengan dengan tusuk soom
  • Pasanglah lengan kanan kiri pada kerung lengan badan
  • Buatlah rumah kancing dan pasanglah 4 kancingnya pada tanda yang sudah dibuat tadi

Artikel terkait :


8 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow... thank you, it helps me alot. I'll have a costume party in 3 months and my husband wants me to wear something from Indonesia, I'll try to sew it :)

ANA ARISANTI mengatakan...

Thanks for your comment. I'm very happy can help you, I will up load more indonesian,s dress for you. For the maxiskirt u may use batik from Indonesia,I'm sure that U will look more beautiful to wear it :D
may I know your name?

Anonim mengatakan...

Regina is my name, I'm an Indonesian married with a german. As I moved to Germany I didn't bring any single kebaya, and have an idea to sew it by myself. Thanks for your posting ;-)

Anonim mengatakan...

blog nya bagus... bermanfaat.. thx atas share ilmu jahit menjahit nya.. hehe

Anonim mengatakan...

mbak... makasi buanget ya... jarang lo ada orang yang mau bagi2 ilmu seperti ini. Saya baruuu aja mo belajar menjahit. Blog nya mbak pasti akan sering2 jadi tujuan saya :) sering2 lagi bagi2 ilmu ya... :)

Anonim mengatakan...

mksh blognya membantu bgt..kalo bisa lengkapin lg standar ukuran dari s sampai xl

Anonim mengatakan...

Sangat teratur, teliti dan menarik cara yang anda tunjukkan. Aku jadi pingin menyoba bikin sendiri suatu hari. Kebaya yang indah dan sulit kelihatan sangat mudah dengan keterangan dari anda. Salut!! salam dari jauh.

Anonim mengatakan...

Mba ana makasih banget ya ilmu nya..saya jadi semangat ngejait deh..love mba ana banget dech...:-)